Konsep Dasar Membuat Gambar Kaos 3D
Konsep dasar membuat gambar Kaos 3D
Dalam pembuatan kaos 3D sebenarnya prosesnya sama seperti pembuatan kaos biasa, kaos3D memiliki kelebihan yaitu lebih menarik dan komposisi warna sablon menyerupai aslinya, yang membedakan proses editing gambar dan didukung oleh teknik sablon digital, walaupun sablon manual pun bisa melakukannya namun terbatas pada keahlian tukang sablon.
Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana proses editing atau pemisahan warna untuk proses sablon kaos.
Pertama saya sudah siapkan file yang akan kita edit terlihat pada gambar diatas yang akan kita proses, coba perhatikan gambar dibawah ini :
Dalam gambar diatas ada dua proses yang pertama rubah Resolusi gambar menjadi 254 dpi agar tidak pecah, proses kedua kopikan file aslinya dengan menarik ke area menu layer baru terlihat layer batman-gray biasanya dalam proses sablon kita mengenal istilah negative file jadi yang akan kita edit negative nya caranya arahkan kursor ke tool Fetch Color atur optionnya (Tombol B) perhatikan gambar ini :
Proses pertama rubah operasi mode 100 % , kedua rubah menu act layer jadi copy, ketiga centang get white, dan keempat klik Yes menyelesaikan maka setelah proses ini selesai akan terlihat layer batman gray merubah menjadi negative .
Agar porsi hitam terlihat gelap atur dengan mengarahkan ke tool Level Atur input sesuai yang dikasih tanda merah klik OK maka terlihat seperti gambar berikut :
Proses selanjutnya kita merapih gambar negative tersebut dengan memakai tool Finger dan anda juga bisa menggunakan tool yang lainnya, atau bisa melihat postingan sebelumnya Separasi Warna Menggunakan Program AnSeries sesudah merapihkan lanjut ketahap berikutnya yakni membagi warna jadi tiga warna (Lihat Gambat Asli) Duplikat layer batman gray dengan menarik kearah menu layer baru, beri nama untuk layer pertama “BiruTua “,“Biru Muda” dan “ Abu “ . Rubah warna tersebut sesuai namanya arahkan kursor kearah Color Adjust kemudian atur warnanya ,maka terlihat seperti gambar dibawah ini :
Tahap selanjutnya mengatur komposisi warna Biru Tua, Biru Muda dan Abu. dalam proses mengurangi/menghapus warna gunakan Paint Brush + Tekan tombol Ctrl perhatikan gambar dibawah ini menunjukan porsi ketiga warna Biru tua , Biru Muda danAbu :
Setelah proses ini selesai tentukan mesh agar bisa dipindahkan kemedia screen dalam pengaturan mesh ini mempunyai standar masimg–masing tergantung kebutuhan, coba Arahkan kursor ktool Add Net maka akan keluar kotak dialog seperti dibawah :
Kita terangkan untuk mesh 40, Angle 45, Compute kita pilih Cicle, ( Notice : proses 4 dan 5, kalau mesh atau angle belum memenuhi standar anda bisa mencoba dulu dengan klik OK, dan anda bisa melihat embos dalam bentuk bitmap dengan menekan tombol S pada keyboard, apabila mesh dan angle sudah memenuhi standar klik Pada layer maka layer akan di duplikat secara otomatis berupa layer bitmap ), maka setelah layer sudah dalam bentuk bitmap tidak bisa di edit lagi, layer bitmap ini nantinya dipakai untuk proses selanjutnya untuk memisah file-file tersebut cukup anda klik kanan pada layer pilih save as , pilih format tif , nama sesuai warna, coba lihat gambar dibawah ini
Tarraaaa ……Konsep dasar membuat gambar 3D dengan Program AnSeries sudah beres .
Semoga bermanfaat, jangan lupa Like & Share ……
Kritik, saran dan pertanyaan silakan isi di kolom komentar
Terima Kasih .
ini kok memberikan tutorial gk jelas banget, cobalah langkah,nya diperjelas lagi
ReplyDeletekeren gan
ReplyDelete